Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
BLOGGER KALTENG (Palangka Raya) - Sebelumnya, Blogger Kalteng mengucapkan selamat Hari Kartini, 21 April 2018. Jadilah perempuan-perempuan hebat yang kuat dan menginspirasi. Bagi kamu para kaum laki-laki, jangan pernah nyakitin hati para perempuan yaa...

Langsung saja ke topik. Kamu termasuk salah satu pengguna facebook? Kalau iya, berarti kamu tau dong bahwa 87 juta pengguna facebook datanya telah bocor dan disalahgunakan oleh perusahaan konsultan politik di London, Cambridge Analytica. 
Indonesia urutan ke-3 dengan jumlah 1 juta lebih akun yang telah bocor. Diurutan pertama Amerika dengan 70,6 juta data dan urutan ke dua Filipina dengan 1,1 juta data.
Pihak facebook telah melakukan upaya untuk mengamankan akun penggunanya. Dalam hal ini facebook mulai mengirim pemberitahun kapada semua pengguna tentang apakah akun kita termasuk kena dampak "pembobolan data". Notifikasi ini mulai muncul pada Senin (9/4/2018).

Ikuti kami di halaman facebook Blogger Kalteng dan Opini Kalteng.

Notifikasi ini berupa pemberitahuan aplikasi atau situs web apa saja yang terhubung dengan facebook anda. Untuk mengetahui aplikasi atau situs web yang terhubung ke akun facebook anda silakan klik tautan ini : Aplikasi Terhubung Facebook. Silakan pilih dan hapus aplikasi yang menurut kamu tidak ada manfaatnya. Gambar tampilan seperti di bawah ini :

Selain itu, ada cara lain yang wajib kamu lakukan untuk mengetahui apakah data facebook mu termasuk salah satu dari 87 juta yang disalahgunakan atau tidak. Silakan klik tautan ini : Info Facebook Saya. Gambar Tampilannya seperti dibawah ini. Kamu harus masuk dulu yaa ke akun facebook.

Jika muncul notifikasi seperti yang saya beri lingkaran merah, artinya facebook kamu aman dari kebocoran dan disalahgunakan oleh Cambridge Analytica. Jika muncul notifikasi lain, artinya kamu salah satu dari 87 juta akun itu.

***
Debu Yandi | Blogger Kalteng

Click to comment